Penyebab Ambeien Saat Hamil

Penyebab Ambeien Saat Hamil

Penyebab Ambeien Saat Hamil Ambeien merupakan salah satu jenis penyakit atau kondisi gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita dapat mengalami atau mengidap penyakit ambeien ini. Meski begitu, namun ambeien umumnya terjadi pada wanita hamil.

Selain pada wanita hamil, ambeien juga umum terjadi pada pasien sembelit atau diare kronis. Berbicara mengenai ambein pada wanita hamil, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Penyebab Ambeien Saat HamilMari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sekilas Tentang Ambien

Penyebab Ambeien Saat Hamil

Ambeien atau biasa disebut juga sebagai wasir ini merupakan pembengkakan atau peradangan pada pembuluh darah. Pembuluh darah yang terkena/mengalami ambeien ini berada di dalam atau sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau dalam anus. Kondisi ini juga sering disebut sebagai hemorrhoid.

Pada umumnya, ambeien ini dibagi menjadi dua, yakni ambeien dalam (internal hemoroid), yang merupakan kondisi ambeien yang pada biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tidak dapat terlihat, karena ambeien muncul di dalam saluran rektum, namun dapat menyebabkan BAB berdarah.

Dan ambeien luar (eksternal hemoroid), yang merupakan kondisi ambein yang terletak di luar anus. Ambeien luar ini biasanya terasa lebih nyeri, terkadang bisa robek dan beradarah. Selain itu, ambeien luar juga dapat menyebabkan penderita sangat tidak nyaman, karena pembuluh darah mudah teriritasi.

Penyakit atau kondisi ambeien sendiri dapat muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus), dan ambeien juga dapat muncul di sekitar anus (dubur). Kondisi pembuluh darah yang bengkak atau meradang, seringkali teregang hebat, menipis dan teriritasi.

Hal tersebut terjadi apabila faktor-faktor resiko terus berulang, seperti mengalami buang air besar yang keras, sembelit, diare, dan lain sebagainya. Kondisi inilah yang dapat berujung pada terjadinya komplikasi ambien, seperti anemia, hingga syok bila terjadi pendarahan.

Pada saat tubuh dalam kondisi normal (sehat), pembuluh darah dalam vena pada anus dan rektum, akan menyalurkan darah kembali ke jantung, sementara pada saat kondisi tubuh tidak sehat (penderita ambeien), darah tidak tersalurkan kembali ke jantung, sehingga darah akan mengumpul.

Kondisi tersebut dapat disebabkan karena pembuluh darah tersebut mengalami peradangan. Hal ini selanjutnya akan membentuk benjolan abnormal, yang biasa disebut sebagai benjolan ambeien. Penyakit atau kondisi gangguan kesehatan ambeien ini tidak berbahaya, dan tidak menular.

Baca juga : Cara Cepat Menghilangkan Benjolan Ambeien Secara Alami

Meski begitu, namun penyakit ambeien ini umum terjadi, dan paling umum terjadi pada wanita hamil dan orang-orang yang menderita sembelit atau diare kronis. Jumlah penderita ambeien di seluruh dunia ialah sekitar 230 juta orang. Hal ini menurut data WHO (organisasi kesehatan dunia) pada tahun 2008.

Sementara itu, di Indonesia sendiri, prevalensi ambeien di Indonesia, setidaknya 5,7% dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Data hal ini menurut data DEPKES (Departemen Kesehatan RI) pada tahun 2008. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahwa ambeien ini umum terjadi pada wanita hamil.

Wanita hamil yang umum menderita ambeien ini, terutama wanita hamil di akhir trisemester kedua hingga selama trisemester ketiga usia kehamilan. Mengenai hal ini, maka berikut informasi dari kami mengenai beberapa Penyebab Ambeien Saat Hamildiantaranya :

  • Pengaruh Hormon

Hormon progesteron merupakan salah satu hormon yang berfungsi untuk menyediakan ASI, mempertebal dinding rahim selama kehamilan, dan sejumlah fungsi lainnya. Hormon ini berperang penting bagi ibu hamil. Selama proses kehamilan, hormon progresteron meningkat dengan tajam.

Kondisi hormon progesteron yang berlebihan dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, yang dimana pelebaran pembuluh darah ini dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan sembelit. Kondisi sembelit ini dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya ambeien atau wasir.

Selain itu, kondisi pelebaran pembuluh darah tersebut juga dapat menyebabkan pusing, karena tekanan darah menjadi rendah.

  • Pengaruh Ukuran Janin Yang Membesar

Hari demi hari, perkembangan janin akan bertambah besar ukuranya, ukuran janin yang bertambah besar ini dapat menekan pembuluh darah panggul dan pembuluh balik bawah (vena cava inferior). Tekanan ini dapat memperlambat aliran darah kembali dari bagian bawah tubuh menuju jantung.

Hal tersebut kemudian meningkatkan tekanan pada pembuluh darah rahim, sehingga menyebabkan pembuluh darah tersebut melebar dan bengkak. Kondisi ini selanjutnya dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadi ambeien pada wanita atau ibu yang sedang hamil.

Itulah sekilas informasi dari kami mengenai Penyebab Ambeien Saat HamilAmbeien sama sekali tidak berbahaya secara langsung bagi janin/bayi dalam kandungan wanita yang menderita ambeien. Hal ini karena bahaya ambeien pada wanita hamil justru pada saat ketika menjalani proses persalinan.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “PENYEBAB AMBEIEN SAAT HAMIL”, TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI INI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Penyebab Ambeien Saat Hamil

Artikel Terkait :

Sponsored By

Penyebab Ambeien Saat Hamil

Be Sociable, Share!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*