Pantangan Penyakit Ambeien

Pantangan Penyakit Ambeien

Pantangan Penyakit Ambeien – Apakah anda atau kerabat anda saat ini sedang menderita penyakit ambeien ?, Jika memang demikian, maka mari simak terus artikel ini sampai tuntas, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Pantangan Penykit Ambeien.

Sekilas Tentang Ambeien

Pantangan Penyakit Ambeien

Ambeien atau sering juga disebut sebagai wasir ini merupakan pembengkakan atau peradangan pada pembuluh darah vena, yang berada atau berlokasi di daerah anorektal, yakni di sekitar anus atau rektum bagian bawah. Dalam bahasa medis, kondisi ambeien ini disebut hemoroid.

Pembuluh darah tersebut seringkali teregang hebat, menipis, dan teriritasi. Kondisi ini terutama terjadi apabila faktor-faktor resiko terus berulang, seperti sering mengalami buang air besar keras dan lain sebagainya. Kondisi ambeien atau wasir ini dapat muncul di dalam rektum.

Rektum sendiri merupakan saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus atau sekitar anus (dubur). Terdapat dua tipe ambeien, yakni internal hemoroid (ambeien dalam) dan ekstrelnal hemoroid (ambeien luar), dengan perbedaan utama yakni letak pembesaran pembuluh vena.

Tipe Ambeien

Internal hemoroid (ambeien dalam) merupakan tipe ambeien yang muncul di dalam saluran rektum dan tidak dapat terlihat. Kondisi ini dapat menyebabkan BAB berdarah, namun tidak menyebabkan nyeri. Sedangkan eksternal hemoroid (ambeien luar) merupakan tipe ambeien yang terletak di luar anus.

Kondisi eksternal hemoroid (ambeien luar) tersebut biasanya terasa lebih nyeri, gatal dan terkadang bisa robek serta berdarah. Ambeien ini tidak berbahaya dan tidak menular, namun dapat menyebabkan penderita sangat tidak nyaman, karena pembuluh darah mudah teriritasi (terutama ambeien luar).

Baca juga : Ciri-Ciri Ambeien Luar Yang Wajib Diketahui

Pada saat kondisi tubuh dalam keadaan normal (sehat), pembuluh darah vena pada anus dan rektum akan menyalurkan darah kembali ke jantung. Sementara itu, pada saat kondisi tubuh tidak normal (penderita ambeien), darah tidak tersalurkan kembali ke jantung, sehingga darah mengumpul.

Terjadinya kondisi darah yang tidak tersalurkan kembali ke jantung (darah mengumpul) tersebut dikarenakan pembuluh darah mengalami peadangan, hal ini selanjutnya akan membentuk benjolan abnormal, yang dimana benjolan abnormal ini biasa disebut sebagai benjolan ambeien.

Penyakit ambeien sendiri seringkali dikaitkan dengan konstipasi kronis dan kehamilan, yang dimana keduanya tersebut sama-sama menghasilkan peningkatan tekanan tekanan intra abdominal pada vena yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah vena.

Kondisi penyakit ambeien ini termasuk jenis penyakit yang umum terjadi, yang dimana berdasarkan data dari WHO (organisasi kesehatan dunia) pada tahun 2008, angka kejadian ambeien di seluruh dunia mencapai 54% dari seluruh populasi dunia.

Sementara itu, menurut data DEPKES RI pada tahun 2008, jumlah penderita ambeien di Indonesia mencakup 5,7% dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Kondisi penyakit ambeien ini lebih sering terjadi pada wanita yang sedang hamil, serta orang-orang yang menderita sembelit atau diare kronis.

Kondisi penyakit ambeien ini dapat berujung pada terjadinya komplikasi, seperti anemia, apabila faktor risiko seperti sering mengalami buang air besar yang keras terus berulang atau terjadi. Untuk menghindari terjadinya komplikasi ambeien, maka hindarilah beberapa Pantangan Penykit Ambeien.

Pantangan Penyakit Ambeien

  • Hindari penyebab terjadinya konstipasi atau sembelit, seperti obat penhilang rasa sakit yang mengandung kodein
  • Hindari penyebab dehidrasi, seperti alkohol
  • Hindari duduk atau berdiri lama saat bekerja.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang bersifat panas dan mengandung lemak (penyebab sembelit), seperti makanan pedas, daging, jeroan, junk food dan lain sebagainya
  • Jangan sering-sering mengangkat beban yang berat.
  • Jangan menahan untuk buang air besar
  • Kontrol asupan garam, karena kelebihan garam dalam makanan dapat menyebabkan menyusutnya cairan, yang menyebabkan pembengkakan di semua pembuluh darah.

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur sangat penting untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang tetap. Itulah beberapa Pantangan Penyakit Ambeien yang wajib dihindari. Hindarilah beberapa pantang tersebut agar kondisi ambeien tidak bertambah parah.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “PANTANGAN PENYAKIT AMBEIEN”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERGUNA BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Pantangan Penyakit Ambeien

Artikel Terkait :

Sponsored By

Pantangan Penyakit Ambeien

Be Sociable, Share!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*